Wednesday, December 23, 2015

Keindahan Pantai Anoi Itam dan Peninggalan Perang Dunia ke-2

Pantai Anoi Itam dan Peninggalan Perang Dunia ke-2

       Pulau weh termasuk ke dalam salah satu pulau terluar di Indonesia. Letaknya di ujung barat pulau Sumatera dan masuk dalam Propinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini tak hanya memiliki keindahan bahari saja. Panorama serta bentang alamnya juga sangat memikat. Pulau yang memiliki ibu kota di sabang ini memiliki banyak potensi wisata yang belum dikelola dengan baik atau bahkan tidak terawat.
      
        Di pulau yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini banyak sekali memiliki bangunan bersejarah yang menjadi saksi Perang dunia ke-2. Hampir di setiap sudut pulau ini tak jarang ditemukan bungker-bungker pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang. Penduduk setempat menamai tempat ini sebagai gua Jepang. Keberadaan bungker-bungker ini seharusnya menjadi aset untuk pengembangan wisata di daerah sabang. Salah satu bungker yang terkenal di pulau weh berlokasi di dekat Pantai Anoi Itam. Pantai ini terkenal di Sabang dengan pantai yang memiliki pasir hitam.

Panorama Pantai Anoi Itam

        Pasir hitam di Anoi itam berbeda dengan pasir hitam di pantai yang lain. Menurut informasi hal ini disebabkan karena terdapatnya kandungan biji logam yang terkandung dalam pasir tersebut. Meskipun panorama pantai Anoi itam ini sangat indah, namun pantai ini tergolong sepi oleh pengunjung. Bangunan bersejarah atau gua Jepangnya pun tidak terawat.

Lorong Menuju Gua

Meriam di dalam Bungker (Gua)

Di dalam goa ini juga masih terdapat meriam sisa - sisa peninggalan perang. Sangat disayangkan karena dinding - dinding bungker ini dipenuhi coretan oleh tangan yang tak bertanggung jawab.

Penampakan Bungker dari Luar

Pemandangan di Depan Bungker

Dilihat dari posisinya yang di atas bukit dan di tepi laut, lokasi ini memang sangat cocok untuk dijadikan lokasi pertahanan. Selain untuk mengintai musuh juga menyerangnya sekaligus dengan senjata yang dipersiapkan di dalam bungker ini jika musuh. Pemandangan pantai Anoi Itam juga sangat indah jika dilihat dari atas bukit ini.

Pemandangan Pantai Anoi Itam dari Atas Bungker (Gua)

Sayang sekali, peniggalan bersejarah serta keindahan alam ini kurang mendapat perhatian dan dari pengunjung juga kurang sadar akan nilai sejarah yang ada. Semoga keindahan pantai Anoi Itam dan Goa Jepang ini terjaga keasrian dan keindahannya agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita. Dan bagi pengunjung dimohon untuk selalu menjaga kebersihan dan lebih bertanggung jawab akan kelestarian alam dan sekitar.

AYO BERKUNJUNG KE ACEH
DAN SELALU JAGA KEBERSIHAN TEMPAT WISATA !!!

INDONESIA DANGEREOUSLY BEAUTIFUL 


No comments:

Post a Comment