Sunday, January 17, 2016

Indahnya Jalur Dari Pacet ke Batu Malang Lewat Cangar


Indahnya Jalur Dari Pacet ke Batu Malang Lewat Cangar

         Saat berakhir pekan, kota Batu banyak sekali dikunjungi pengunjung yang akan berwisata ke sana. Akses jalan menuju ke Kota Batu juga tentunya padat dan sangat macet. Untuk menghindari kemacetan ini biasanya banyak yang lewat jalur alternatif menuju kesana. Salah satunya lewat jalur Pacet Kabupaten Mojokerto. Jalur ini akan melewati Cangar, suatu daerah yang masuk dalam Taman Hutan Rakyat. Jalur yang dilewati memang sedikit ekstrem. Dan kontur jalannya yang berliku dan tanjakan tajam. Selain memerlukan kondisi mesin yang sangat prima untuk melibas setiap tanjakan, tentunya kondisi pengendara juga. Disinilah letak petualangannya. Memang jalur Cangar ini sangat terkenal dikalangan pecinta touring, baik motor atau mobil. Tidak heran setiap akhir pekan akan menjumpai rombongan touring motor yang akan lewat sini.

         Namun dibalik ke-esktriman jalurnya ini. Pemandangan alam di setiap perjalanan juga menyuguhkan panorama alam yang luar biasa indah. Hutan yang masih asri, area perkebunan dan persawahan, bukit - bukit dan tentunya panorama indah dari pegunungan sekitar seperti Welirang dan Arjuno.Selain pemandangan indah disini juga udaranya sangat segar. Jadi saat lewat kesini jika ingin merasakan sejuknya hawa khas daerah pegunungan, sebaiknya mematikan pendingin mobil dan buka jendela.

Bukit Pegunungan di Cangar 

Area Persawahan dengan Latar Belakang Pegunungan

Salah Satu Pedesaan di Lereng Pegunungan

Perkebunan dan Persawahan 

Petani yang sedang Menyemprot Pupuk dari Kejauhan

Di sepanjang jalan Pacet - Batu Malang, juga tersedia beberapa rest area yang biasanya digunakan oleh pengendara untuk mendinginkan mesin. Namun jangan khawatir, di rest area disini juga banyak dijumpai penjual makanan. Dan jika ada yang ingin membeli sayur dari kebun langsung juga bisa. Karena tak jarang petani juga menjual langsung hasil sawah dan kebunnya kepada pengunjung. 

Ada beberapa tips dan informasi jika pengendara ingin melewati jalur ini :
1. Pastikan kondisi kendaraan benar - benar prima, mulai dari mesin, kampas rem, kampas kopling atau bagian mobil yang lain juga harus bekerja sesuai standar pengoperasian dan keselamatan.
2. Selain kondisi kendaraan, juga kondisi pengemudi juga harus prima.
3. Saat melewati belokan dimohon membunyikan klakson atau memberi tanda, karena jalur disini belokannya sangat curam dan terkadang ada yang sampai tidak bisa terlihat ada kendaraan dari arah depan.
4. Daerah ini sering terjadi kabut dan sering  hujan meskipun tidak kondisi hujan, dan akan menyebabkan jarak pandang akan terbatas, jika hal ini terjadi, maka pengendara juga harus menghidupkan lampu.
5. Jalur ini ada yang menyempit di beberapa bagian, dan biasanya akan ada petugas yang akan mengatur arus lalu lintas, maka di mohon mentaati pengarahan dari petugas tersebut.
6. Selalu berhati - hati dan jangan memaksakan kondisi tubuh, jika ngantuk dan capek beristirahat saja dulu di beberapa rest area yang disediakan

SELAMAT MENJELAJAH 
INDAHNYA ALAM INDONESIA


 
 
 


No comments:

Post a Comment