Monday, January 11, 2016

Berakhir Pekan ke Coban Talun

Berakhir Pekan Ke Coban Talun

        Akhir pekan memang asik jika diisi dengan kegiatan berekreasi atau tamasya untuk menyegarkan kembali pikiran. Mengunjungi tempat yang asri dan tentunya masih alami akan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat lagi. Berwisata ke alam dan menikmati pemandangan alam merupakan salah satu contohnya. Akhir pekan ini bersama kedua teman, aku berekreasi ke Air Terjun Coban Talun. Air terjun ini berada di kawasan wisata Kota Batu Malang. Seperti yang diketahui bahwa Kota Batu memang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan. Air terjun ini tepatnya berada di desa Tulung Rejo, Kecamatan Bumiaji Kota malang.

        Dari tempat parkir,  kita menyusuri sungai dan selanjutnya akan melewati hutan pinus yang cantik. Pihak pengelola juga menyediakan penunjuk jalan menuju ke air terjun, jadi tidak perlu khawatir akan tersesat. Di lokasi ini juga terdapat area perkemahan luas, jadi jika ingin merasakan sensasi lain, dapat berkemah di lokasi yang disediakan. Selain itu di area ini juga banyak sekali warung berjejeran, jadi tak perlu khawatir jika ingin makan atau sekedar mengisi perut setelah perjalanan menuju area wisata air terjun ini, atau sehabis berekreasi di tempat ini, dan tak perlu khawatir, harga makanan disini terjangkau dan tentunya enak.

Aliran Sungai

Setelah bertemu aliran sungai ini, ada sebuah jembatan menuju hutan pinus. Selanjutnya akan memasuki hutan pinus yang cantik dan hijau. Pemandangan pohon pinus yang berjajar rapi serta gesekan dahan antar pohon menambah suasana asri tracking menuju air terjun.

 Hutan Pinus

Setelah melewati hutan pinus, kemudian akan memasuki jalur turunan yang masih rimbun. Jalur yang didominasi oleh tanah liat membuat sedikit licin menuju ke air terjun. Apalagi beberapa jalur juga sangat curam dan licin sekali, apalagi musim hujan seperti ini. Tak jarang beberapa pengunjung terpeleset melewati jalur ini.


Jalur menuju ke Air Terjun

Setelah berjalan lebih dari setengah jam, kita bisa melihat air terjun ini dari jalur ini. Dari kejauhan terlihat pemandangan yang sangat indah. Air yang keluar dari celah - celah tebing bebatuan dengan dikelilingi oleh pepohonan hijau membuat takjub mata. Sudah tak sabar, bagaimana dengan pemandangan air terjun ini dari dekat. Namun untuk menuju ke air terjun masih harus menuruni jalur ini.

Air Terjun dari Kejauhan

Hutan yang masih rimbun dan tentunya udara yang sangat segar sangat terasa sepanjang jalur menuju air terjun. Setelah hampir sejam berjalan tibalah di bawah air terjun. Dan memang air terjun ini sangat memukau. Derasnya air yang turun dari tebing - tebing dan deburan airnya sampai membasahi baju.

Air Terjun Coban Talun

Pepohonan serta tumbuhan lain di sekitar air terjun ini yang masih hijau, membuat betah berlama - lama disini, namun karena air yang sedikit keruh karena bercampur dengan lumpur yang terbawa dari atas tebing, mengurungkan niat untuk mandi disini. Air terjun yang indah serta kondisi alam yang masih asri seperti ini sangat disayangkan karena banyak sekali dijumpai sampah yang berserakan. Memang di lokasi air terjun ini tidak disediakan sebuah tempat penampungan sampah. Namun, kesadaran dari pengunjung akan pentingnya kebersihan dan keindahan juga harus ditingkatkan. Sangat disayangkan jika pemandangan alam yang luar biasa inidah ini harus rusak dan kotor.

Tips dan Saran :
1. jika ke air terjun ini, harap memakai sandal atau sepatu untuk kegiatan di alam, karena kita akan melewati jalur yang sedikit curam dan berat.
2. membawa persediaan air minum.
3. jangan mandi atau bermain air tepat di bawah guyuran air terjun karena dikhawatirkan tertimpa benda yang ikut terbawa air dari atas tebing.
4. jika mandi atau bermain air, jangan menggunakan sabun atau bahan kimia yang mengandung detergen, untuk menjaga kelestarian dan kebersihan air.
5. Membawa sisa makanan atau bungkus makanan kembali ke atas untuk menjaga kebersihan air terjun ini.
6. Selalu mentaati pertaturan yang berlaku di ruang informasi atau di pintu masuk lokasi air terjun.


SELALU JAGA KEBERSIHAN DAN BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA
MARI MENJAGA ALAM KITA AGAR TETAP INDAH



No comments:

Post a Comment